By ama

Saya terkesan pada sebuah film yang berjudul “Pay It Forward” (balas ke depan). Film ini menceritakan tentang Trevor, 11 tahun, yang berusaha menyelesaikan tugas Ilmu Sosial dari gurunya. Tugasnya sederhana : “Apa yang kamu lakukan untuk mengubah dunia?”. Dan Trevor menyelesaikannya dengan sebuah proyek luar biasa yang dinamai “Pay It Forward”. Apa itu ?

Sistemnya sederhana. Setiap orang yang telah menerima pertolongan dari seseorang, harus membalasnya dengan cara menolong minimal 3 orang yang lain lagi. Demikian seterusnya. Mirip MLM ya? Tapi ini bukan bisnis melainkan berbuat kebaikan. Diharapkan, bantuan yang diberikan adalah bantuan yang benar-benar sulit, karena itulah inti proyek ini : keikhlasan membantu sesama. 

Singkatnya, Trevor berhasil memberi bantuan kepada 3 orang: ibunya, gurunya, dan seorang gelandangan. Dan tanpa ia sadari, ternyata programnya itu berhasil merambah ke seluruh pelosok negeri.

Masuk akal. Jika setiap orang mau berbuat kebaikan kepada orang lain, dan orang lain itu melakukan hal sama kepada orang yang lain lagi, begitu seterusnya, maka seluruh dunia ini akan dipenuhi oleh orang baik kan?

Saya pernah menonton liputan sebuah stasiun TV nasional tentang seorang bapak berusia renta yang dengan tulus meminjamkan buku miliknya kepada orang lain meskipun orang itu tidak dikenalnya. Syaratnya mudah, orang yang meminjam buku itu harus merawat buku itu dan meminjamkannya lagi kepada orang lain yang membutuhkan. Begitu seterusnya.

Apa yang dilakukan bapak ini sama dengan tujuan “Pay It Forward”. Tapi apakah kita harus menunggu sampai tua untuk memulai gerakan amal berantai ini ?


4 Responses to “Pay It Forward”


  1. 1 Ahmad
    December 12, 2007 at 12:43 pm

    wah mba, itu film saya jg pernah nonton, tapi sekilas aja….
    sepertinya emang rame banget tuh ceritanya…
    saya dah coba cari cd nya tapi blm ketemu2 nih…
    bisa tau infonya nda untuk cari cd nya dimana?
    saya juga setuju sih dengan sistem yang dipakai…
    klo da’wah islam dilakukan seperti itu…insyaAllah berkembang..
    mba ama yang baik, kunjungi blog saya ya and don’t forget ur comment…

    http://www.dapurbisnis.wordpress.com

    Thank’s…

  2. February 11, 2008 at 12:59 pm

    Asw,bu,mb,tante,ama..Manggilx gmn ya?Hehe..Salam kenal ajah..Btw 2tulisan teratas…Hemm..Touch aj..Dan..Da dua anak??

  3. October 12, 2009 at 5:26 am

    kalau filnya belum pernah liat… kalau ceritanya udah pernah baca. barusan aja tadi baca di sini.. btw pingin juga nonton filnya…

  4. July 8, 2010 at 9:05 pm

    saya juga udah pernah nonton film itu. awalanya semangat mengaplikasikan dalam hidup saya, tapi…. lama- lama lupa.. hehhe
    begitu baca yang ini, jadi inget lagi, so… mari memulai!!! tunggu apa lagi?????


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Me, My Self, and I

Orangnya pintar (protes=sirik), baik hati, rendah diri (baca:pendek), tidak sombong, kaya, punya penghasilan tapi tidak punya NPWP. Apa kata dunia???  

Udah dikunjungi

  • 67,925 tamu

Google page rank

Ama dimana-mana


%d bloggers like this: