08
May
08

ber-internet dengan sehat yuuuuk….!

Alhamdulillah…..

Walau dengan dana ngos-ngosan (minjem istilah Pak Rahman Arge), akhirnya warnet kecil-kecilan ini resmi dibuka (sebenarnya udah dua minggu, tapi baru sempat posting sekarang).

Karena dananya ngos-ngosan dan menguras setiap sen tabungan, ya benar-benar warnet kecil-kecilan. Komputernya cuma ada 7, itupun sebagian adalah komputer lawas yang “disulap” dengan teknik LTSP sehingga kecepatannya menyamai P4.

Bukannya kurang serius berbisnis, tapi niat awalnya adalah “ikut serta mencerdaskan anak bangsa”, jadi daripada nunggu sampai dananya banyak (entah kapan itu….), mending dimulai dari sekarang.

So, mulailah kami menawarkan program “belajar internet gratis”. Awalnya agak pesimis, soalnya saya pikir jaman sekarang siapa sih yang tidak tahu internet? Tak disangka (namun diharapkan), ternyata masih banyak… rata-rata anak SMP, mahasiswa juga ada ding….

Masalah lain timbul…. para pelajar itu ternyata sukanya chatting. Klo sekedar chatting sih gak masalah, yang masalah adalah di chat room mereka dapat link-link ke situs asusila. Dasar anak-anak, udah tau itu situs gak bener, bukannya di close malah dipelototin…. GAWAT !!! Mau jadi apa bangsa ini.

Diskusi serius pun dimulai. Saya dan suami sejak awal memang sudah sepakat bahwa semua yang kami lakukan haruslah bernilai ibadah, jadi apapun itu harus diawali dengan niat yang baik, dijalankan dengan baik, dan insya Allah akan memberi hasil yang baik.

Kiri kanan nyari ilmu memblokir situs “aneh”, dicoba…. hmmm masih gak efektif.

Mau ngilangin sekat pembatas, nanti orang malah nggak nyaman.

Jalan terakhir, posisi komputer dibalik. Yang tadinya monitor menghadap ke dinding (user membelakangi tembok), sekarang dibalik sehingga monitornya membelakangi tembok.

Alhasil, anak-anak muda yang tadinya rajin datang ke warnet, begitu melihat posisi komputernya di balik, malah gak jadi masuk … tanya kenapa..????

Eh, tapi ada juga yang tetap nekat buka-buka situs “gila” itu. Pas ditegur, dianya malah ngeles.. alasannya sih cuma mau ngetes apa warnet kami sudah melakukan pemblokiran atau tidak. Ngetes kok malah dipelototin trus di scroll bolak-balik, mas???ย  Itu aja kalo nggak ditegur, mungkin malah nggak di close.
Dasar !!!

Secara finansial (cie…) memang sangat berpengaruh. Turun drastis. Tapi buat apa banyak duit kalo “haram”??
Pokoknya kami harus tetap konsisten. Ini pasti adalah ujian dari Allah, sejauh mana kami bisa menahan godaan “harta”. Dan kami harus LULUS !!!

Alhamdulillah, ternyata Allah meridhoi usaha kami. Perlahan penghasilan kami pun meningkat. Yang kami khawatirkan bahwa orang akan merasa terganggu dengan posisi komputer yang tidak lazim ini, ternyata tidak terbukti. Malah, kayaknya kami berhasil membangun citra yang baik.

So, dukung kami dalam mengkampanyekan “Internet Sehat” ini (dulu sih pernah ada program kayak gini, tapi kok nggak kedengaran lagi ya? Ato saya yang kuper?)


8 Responses to “ber-internet dengan sehat yuuuuk….!”


  1. May 8, 2008 at 8:45 pm

    Wah kereen…๐Ÿ˜€

    Ayo semangaat…
    Yg penting berkah…

  2. 2 na
    May 18, 2008 at 10:15 pm

    Wah, bagus juga triknya. Sayangnya saya bukan pemilik warnet jadi nda bisa seenaknya bolak balik posisi kompi hehehhehe
    klo saya diwarnet, liat anak2 sd, smp, sma buka situs2 seperti itu komputernya langsung saya restart dari operator๐Ÿ˜€ trus klo mereka nanya : kak kenapa langsung mati? saya balik nanya : memangnya buka apakah? biasanya mereka langsung diam.
    tapi klo orang dewasa yang buka, saya nda pernah sih seperti itu. apa harus diperlakukan seperti itu juga ya?๐Ÿ˜€

    hihihi dasar anak-anak… rasa ingin tahunya tinggi tapi kok ke arah yang negatif ya?
    Eh, mau anak-anak ato orang dewasa, sama aja lagi.. ditegur aja. Ingat UU ITE pasal 27 dan pasal 45๐Ÿ˜€
    Mari berbakti pada negeri, selamatkan anak bangsa…

  3. May 19, 2008 at 12:12 pm

    Triknya bagus๐Ÿ™‚. Untuk support LTSP (pake Linux kan?) hubungi saja makassar.linux.or.id.
    Saya sudah lama punya niat untuk buat warnet juga tapi belum terealisasi juga.๐Ÿ˜ฆ

    makasih, mas ! iya nih, warnetnya jadi keren karena pake Linux๐Ÿ˜€
    btw, saya boleh ikutan pertemuan LUGU sabtu nanti di MTC gak? Boleh kan? Pasti boleh…

  4. May 20, 2008 at 5:10 pm

    wahh keren nih idenya.. monitor membelakangi tembok..gimana rasanya ngenet dengan posisi kyk gitu ya..?

    rasanya… ya biasa aja.. gak ada bedanya kok…๐Ÿ˜€

  5. May 28, 2008 at 5:49 pm

    selamat atas permbukaan warnetnya๐Ÿ˜€
    sukses selalu

    terimakasih

  6. June 2, 2008 at 3:03 pm

    aslmkm, salam kenal..
    setuju, jangan pernah pake sekat-sekat untuk warnet! mirip wc aja.๐Ÿ™‚๐Ÿ˜€

  7. June 4, 2008 at 12:23 am

    Mbak untuk mencegah pengunjung yg mengetes blokir pornografi dapat digunakan filtering DNS. Sekarang ini tersedia system filtering DNS server lokal (Awari) maupun server international (openDNS). Silahkan hubungi Sdr. Arman di warnet K10 (aktifis LUGU dan KPLI Makassar) atau Sdr. Hasanuddin di TorajaNet (anggota aktif Awari). Saya yakin mereka akan membantu.

    tabik,

    Yamin

    sebenarnya udah pernah ketemu pak arman, tapi belum sempat nanya. Makasih mas infonya.

  8. 8 maman
    October 30, 2008 at 6:40 pm

    Selamat n sukses. Sebenarnya aku pengen banget bisnis ky gitu, di deket rumahku lom ada warnet, hmmm….gimana ya kalo kt kerjasama.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Me, My Self, and I

Orangnya pintar (protes=sirik), baik hati, rendah diri (baca:pendek), tidak sombong, kaya, punya penghasilan tapi tidak punya NPWP. Apa kata dunia???  

Udah dikunjungi

  • 67,925 tamu

Google page rank

Ama dimana-mana


%d bloggers like this: