By ama

JARIMATIKA

Jarimatika (singkatan dari jari dan aritmatika) adalah metode berhitung dengan menggunakan jari tangan.Metode ini ditemukan oleh Ibu Septi Peni Wulandani.
Meski hanya menggunakan jari tangan, tapi dengan metode jarimatika kita mampu melakukan operasi bilangan KaBaTaKu (Kali Bagi Tambah Kurang) sampai dengan ribuan (atau mungkin lebih?)

Metode ini sangat mudah diterima anak. Mempelajarinya pun sangat mengasyikkan, karena jarimatika tidak membebani memori otak dan “alat”nya selalu tersedia. Bahkan saat ujian kita tidak perlu khawatir “alat”nya akan disita atau ketinggalan karena alatnya adalah jari tangan kita sendiri.

Sebagai gambaran: dalam Jarimatika tangan kanan digunakan untuk satuan dan tangan kiri digunakan puluhan dan ratusan.

Angka 1 diwakili oleh jari telunjuk, 2 diwakili jari telunjuk dan jari tengah demikian seterusnya sampai 4 ditunjukkan ketika jari telunjuk sampai kelingking terbuka.
Angka 5 diwakili oleh jempol saja. Lalu 6 ditunjukkan dengan jempol dan telunjuk, demikian seterusnya hingga angka 9 ditunjukkan jika semua jari tangan kanan terbuka.

Contoh : 1 + 5 + 3 – 2 = 7
1 (buka jari telunjuk)
+5 (buka jempol)
+3 (buka jari tengah, jari manis, kelingking)
-2 (tutup jari kelingking dan jari manis)

sampai disini kita akan mendapati jempol, jari telunjuk dan jari tengah terbuka dan ini menunjukkan angka 7.
Jika sudah terbiasa, maka dengan sendirinya jari-jari akan bergerak dengan lincah.

Metode Jarimatika ini bisa digunakan untuk operasi penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 9999 dan untuk operasi perkalian/pembagian 2-3 digit (atau bahkan lebih)?

Untuk informasi selengkapnya mengenai jarimatika ini dapat menghubungi alamat di bawah ini:

www.jarimatika.com

KANTOR PUSAT :
Jl. Margosari PR 4 Salatiga
Telp : 0298 – 325016
HP : 0812 867 1598

CABANG MAKASSAR :

Kursus & Sanggar Anak MENTARI
Jl. Pengayoman
Ruko Jasper III No. 11
Panakkukang Mas – Makassar
Telp: (0411) 435566

http://jarimatikamks.wordpress.com


73 Responses to “Jarimatika”


  1. 1 jarwo
    November 28, 2007 at 11:02 am

    wiiiii kereeeennn bageeettttt….
    saya dah baca buku Ibu Peni, sumpah keren bangeeeeetttttt.
    ternyata sepuluh jari ciptaanNYA sangat berguna…
    semua operasi KABATAKU (kali bagi tambah kurang) bisa di lakuin hanya dengan 10 jari..keren…..
    ada yang mo buka francisenya ga?

  2. 2 niez
    December 29, 2007 at 10:40 am

    tuh kan… makanya kaya pernah denger gitu nama AMAPINTAR. ternyata emang bener jarimatika ini. ehehhee…

  3. 3 yani sumiana
    April 23, 2008 at 7:07 am

    ass.salam kenal.bagi ilimunya ya.jazakillah.

  4. 4 nindi
    May 3, 2008 at 7:34 am

    ass.saya sangat teryarik sekali dengan metode jarimatika ini. sampai-sampai saya ingin sekali mengambil skripsi tentang jarimatika. kebetulan saya sekarang duduk di semester 6 di prodi Pendidikan Khusus Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). saya mengambil spesialisasi anak tunarungu dan anak tunagrahita. mungkin saja atau bisa dikatakan metode ini akan sangat membantu anak tunarungu yang terbiasa menggunakan isyarat jari. tapi kendala saya untuk belajar lebih dalam terhambat karena sulit sekali mencari buku pedomannya. dimana ya saya dapat memperolehnya?saya tunggu balasannya ya..trimakasih.

  5. 5 dyah
    May 3, 2008 at 7:35 am

    aslm…

    saya mahasiswa PLB UNY yang mengambil spesifikasi B, yang jg tertarik dengan metode jaritmatika…bisa diberi penjelasan apakan metode ini tepat digunakan untuk anak berkebutuhan khusus?
    terimakasih
    wasl…

  6. 6 ama
    May 3, 2008 at 7:36 am

    Mengenai jarimatika bagi anak berkebutuhan khusus, sudah ada beberapa orang termasuk guru dan orang tua yang mengatakan bahwa metode ini bisa dan cocok digunakan pada anak tunanetra dan anak autis.

    Untuk lebih jelasnya mengenai jarimatika ini, silahkan menghubungi ibu Septi Peni Wulandani di alamat email :
    septipw@yahoo.com. Atau silahkan langsung ke http://www.jarimatika-pusat.com

  7. 7 fatimah laelawati
    May 10, 2008 at 8:09 pm

    ass.saya fathimah, mau bertanya dimana alamat dan nomor telfon kantor ibu septi. saya ingin mengikuti pelatihan.terima kasih saya tunggu jawabannya.wassalam

  8. 8 ama
    May 10, 2008 at 11:30 pm

    kan udah ada di atas….

  9. 9 bejokarto
    June 7, 2008 at 8:12 pm

    aku ingin beli bukunya dimana ya ?
    08123396922

    di gramedia kayaknya pasti ada deh

  10. June 18, 2008 at 12:56 pm

    ass.Subhanallah, setelah saya ikut seminar jarimatika, saya semakin tertarik untuk menambah ilmu berhitung saya.secara metode ini dapat menghilangkan matematikaphobia saya, caranya yang begitu simpel dan praktis membuat latihan berhitungnya smkn mudah.terimakasih pada mba septi pw yang selalu memotivasi kaum perempuan untuk menjadi ibu profesional. terus gimana ya, supaya saya bisa ikut training lanjutannya?wass

  11. June 28, 2008 at 3:15 pm

    assalamu’alaikum wr.wb.
    …….salam hangat dari jArimatika Purbalingga………
    kami di purbalingga baru menjalankan unit jarimatika ini sekitar 1 tahun. alhamdulillah muridnya baru sekitar 70-an.
    bagaimana dengan teh ama.
    bagi-bagi infonya.
    sudah gabung di milis jarimatika@yahoogroups.com?
    salam kenal.
    wassalam

    wa alaikum salam warahmatullah…
    salam jAriMatika juga Pak !
    wah, saya sih juga kepengen buka unit… tapi belum ketemu t4 yang cocok…
    jadi sementara ya ngajar dulu di kantor cabang…

  12. July 1, 2008 at 1:20 pm

    ass.
    apa kabar teh ama?
    teh ama, yasin pengen tahu gmn siy caranya biar bisa ikut pelatihan jarimatika sampai mahir? biar matematikaphobia-ku bisa hilang.terus gmn caranya biar bisa ikut gabung jadi fasilitator jarimatika?.
    yasin tunggu jawabannya ya Teh,,
    syukron
    wass.

    wah… gampang banget kalo mau jadi fasilitator. Hubungi aja cabang terdekat.

  13. July 2, 2008 at 1:04 pm

    asslmklm,
    Teh Ama, makasih atas jawabannya…”_”
    tapi pertanyaan yang pertama, Gmn siy biar bisa ikut pelatihan jarimatika sampai mahir?(maaf lho maksa)biar bisa ngajarin adek-adek gitu
    kemarin siy udah sempet ikut seminarnya, tapi belum tahu soal informasi itu,
    syukron ya Teh…

    ya… ikut aja pelatihannya. Ada 4 level, dilakukan secara bertahap. Pelatihan biasanya dilakukan oleh kantor-kantor cabang jarimatika. Mau jadi mahir? Caranya ya dengan mengajarkan dan mengamalkan ilmunya. Dijamin tambah lancar…

  14. 14 lea
    July 3, 2008 at 1:49 pm

    mau nanya dong, ada gak cabang yang di daerah sekitar BSD Jakarta?
    saya coba buka websitenya gak bisa.
    thx atas infonya

    waduh, maaf ya… mengenai cabang di jakarta saya kurang faham. Memang, web nya lagi gak bisa di akses. Mudah-mudahan sih secepatnya udah normal lagi. Insya Allah, kalo udah dapat infonya, saya kabari segera. OK?

  15. July 3, 2008 at 3:10 pm

    Salam Jarimatika!!!
    Salam kenal mbak Ama…senang bisa nemu mbak disini…
    Perkenalkan saya dari Jarimatika Pondok Kelapa
    Sukses terus ya mbak…..

    Salam jarimatika juga ! Salam kenal juga! Sukses juga deh buat Jarimatika nya. eh, namanya sama ya dengan Bu Iin yang trainer itu :D

  16. 16 oku kurniawan
    July 4, 2008 at 5:25 pm

    Salaaam kenal !!!!
    Salam kenal saya Oku Kurniawan dari Jarimatika PRIMA UTAMA Medan
    kapan nih mbak buat acara seminar di Medan ……

  17. 17 oku kurniawan
    July 4, 2008 at 5:28 pm

    Salaaam kenal !!!!
    Salam kenal saya Oku Kurniawan dari Jarimatika PRIMA UTAMA Medan
    kapan nih mbak buat acara seminar JARIMATIKA di Medan ……
    N saya juga ingin sekali mengadakan kursus gratis jarimatika namun tidak ada yang mensupport saya >>>>>

    wah, kalo seminar sih jelas bukan wewenang saya, tapi wewenang jarimatika pusat. Kalau kursus jarimatika gratis biasanya dilakukan untuk anak tidak mampu dan itu disupport penuh oleh jarimatika pusat. Silahkan hubungi cabang terdekat untuk informasi lebih lanjut.

  18. 18 OKU KURNIAWAN
    July 8, 2008 at 5:03 pm

    Sya mau tanya kemana saya harus menghubungi pihak jarimatika pusat yang ada di daerah saya khususnya kota Medan. TERIMA KASIH YA Mbak. . . .

  19. 20 JARIMATIKA CENTER YOGYAKARTA
    August 9, 2008 at 7:25 pm

    ass. wr. wb

    salam kenal dari teman2 jarimatika jogya.
    di yogya juga baru booming di ekstrakurikuler lho.Forum Guru Jarimatika Jogya kewalahan ni…
    ada yang mau bantu….????
    maen ke jogya dong.
    salam 2 all
    wass. wr. wb
    arya uchiha

    salam kenal juga…. kita mau dong maen ke Jogja. Akomodasi, transport, uang saku, dsb ditanggung kan? :D

  20. 21 johannis lubis
    August 10, 2008 at 8:58 pm

    Assalammualaikum…

    Dengan Hormat,
    Bu Septi saya sudah membaca buku yang ibu tulis berjudul “jarimatika Penambahan dan Pengurangan” dan juga ” Jarimatika Perkalian dan Pembagian” Penerbitnya kawan pustaka. tetapi buku itu hanya menerangkan Cara berhitung di bawah seratus. bagaimna dengan perhitungan diatas seratus. Kusus perkalian, bagaimana dengan perkalian lintas, misalnya 23 x 36 = ….?

    Tolong bu infokan ke saya dimana bisa mendapatkan bukunya.

    Atas perhatian ibu saya ucapkan terimakasih banyak

    wah, kayaknya salah alamat ni, Pak ! Saya bukan bu Septi. Saya ini hanya salah seorang pengajar jarimatika. Tapi kalau mau tahu tentang Jarimatika lebih lanjut, silahkan menghubungi jarimatika cabang terdekat. Alamat kantor-kantor cabang bisa dilihat di sini.

  21. 22 djarwo
    August 12, 2008 at 4:00 am

    wuits keren..

  22. 23 Nonk
    August 18, 2008 at 3:10 pm

    Aku mau tau lebih byk dong ttg jarimatika.
    ada yg bisa bantu g? (Tolong bgt)
    thanks.
    081314379142

  23. 24 Hari Setiawan
    August 20, 2008 at 8:20 am

    Dear All,
    Bisa kasih info untuk mendapatin buku Ibu Peni tentang dasar belajar Jarimatika,tolong diinformasikan soalnya aku perlu ajarin anakku yg baru umur 3th & 5th,aku tinggal di bilangan Bintaro thanks.

    untuk daerah bintaro mungkin bisa menghubungi alamat berikut :

    Unit Depsos Bintaro
    Alamat : Jl. Depsos Raya No 9 Bintaro Jakarta Selatan
    Kota/Kabupaten : Jakarta Selatan
    Propinsi : DKI Jakarta
    Telepon : (021) 7139 7408

  24. August 28, 2008 at 8:29 pm

    enak belajar di jarimatika, udah dapet tas asik dapet kaos pelajarannya enak pula seru dech ! saya les jarimatika di cibinong , saya aja sampai gak istirahat , saya sekarang level 1 belajar teman kecil saya bahagia banget les di jarimatika !!!!!
    maju terus jarimatika !!!! so thanks you !!!!!

  25. August 31, 2008 at 9:55 pm

    salam jarimatika,
    tante ama
    setahu saya
    jarimatika tuh akronim dari jari + aritmatika
    aritmatika tuh cabang dari matematika yang membahas khusus
    operasi hitung-menghitung (kabataku)
    jadi bukan jari + matematika
    —— ini yang saya dengar dari bunda septi —-
    moga-moga jadi lebih pas pemahaman kita tentang jarimatika
    makasih…
    salam

    budhi
    jarimatika purbalingga
    jl. pasukan pelajar imam no. 3 purbalingga 53317
    phone: 0281-892907 HP. 081327092420
    email: jarimatikapbg@ymail.com
    website: http://www.jarimatikapbg.multiply.com

    NB:
    eh, menyambut ramadhan… marhaban ya ramadhan..
    mohon maaf segala salah dan khilaf selama ini..
    sukses selalu buat tante ama en jarimatikamks nya….

    makasih koreksinya pak. Sudah di perbaiki …

  26. September 15, 2008 at 8:21 am

    salam jarimatika
    tante ama..
    saya lagi mengusulkan ke jarimatika pusat
    supaya buku modul latihan itu dicetak pada sampul belakang-dalamnya – kartu komunikasi
    antar guru-ortu siswa
    isinya:
    kolom hari&tgl ! materi yg disampaikan ! prestasi siswa ! prf guru ! prf ortu ! ket
    itu akan sangat bermanfaat sekali..
    (dan ekonomis buat kita-kita yang di bawah hehehe…)

    budhi
    jarimatika purbalingga
    jl. pasukan pelajar imam no.3 purbalingga 53317
    phone:0281-892907 HP.081327092420
    email: jarimatikapbg@ymail.com
    website: jarimatikapbg.multiply.com

  27. September 30, 2008 at 2:20 pm

    Taqobbalallahuminna waminkum
    Washiyamana washiyamakum
    Minal ‘Aidin walpaidzin
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin 1 Syawal 1429 H

  28. 29 Abdul Ruhadi
    October 15, 2008 at 9:21 am

    Assalamualaikum, wr
    Septi, I am happy to hear response your JARITMATIKA,
    Good luck and success . amiiin
    your friends

  29. October 16, 2008 at 2:15 pm

    Salam kenal, saya tertarik dengan pelajaran jarimatika ini, apakah ada buku jarimatika diperjual belikan secara bebas (diluar peserta kursus), dimana saya bisa beli kalau saya tinggal di daerah Mampang Jaksel. Terima kasih untuk infonya

  30. 31 rita
    October 19, 2008 at 8:55 am

    Ass, salam kenal

    saya ibu satu anak,usia anak saya 4 tahun 10 bulan dan sudah bersekolah pada taman kanak2 kelas B. saya sudah menerapkan pembelajaran berhitung menggunakan jarimatika pada anak saya. Kebetulan saya otodidak dari buku septipeniwulandani. Dan kebetulan anak saya mendapatkan pelajaran yang sama di sekolahnya. Kalo saya perhatikan dari buku septi, mestinya tahapan materi yang diberikan anak setelah berhitung menggunakan jempol lancar adalah pengenalan teman kecil dan teman besar. Nah disini mulai terjadi kekacauan. Rupanya di sekolah, karena tingkat pemikiran anak sangat beragam, pengenalan teman kecil dan besar ditunda dan langsung diperkenalkan pemakaian hitungan puluhan (tangan kiri), secara kontinu. Anak saya mulai kebingungan antara pengajaran saya dirumah dan di sekolahnya.Malah parahnya untuk memulai penghitungan malah dia jadi mogok, bingung mesti bagaimana. Apa yang mesti saya lakukan, mohon saran2nya.

    wass,

    mama biyu

    email ibu sudah saya teruskan ke Ibu Septi. Sebaiknya sih pelajaran di sekolah dan dirumah memang harus sinkron biar anak tidak bingung. Kalo menurut pendapat saya pribadi, boleh saja ibu mengikuti pola belajar di sekolah sambil diselingi dengan pelajaran teman kecil dan teman besar, bisa lewat nyanyian atau permainan. Atau kalau memungkinkan, ibu bisa berkonsultasi dengan pihak sekolah untuk mencari jalan keluarnya. Yang penting jaga suasana belajar tetap menyenangkan. Segera setelah ada jawaban dari ibu septi, akan saya sampaikan ke ibu.
    ps: tolong kalau mau ngucapin salam, jangan disingkat. Artinya jadi lain…

  31. 32 nurlaila
    October 30, 2008 at 2:10 pm

    kalo di NTT khususnya di Ende – Flores – NTT. Buku jarimatika bisa dibeli dimana?

  32. 33 Melly
    November 5, 2008 at 11:39 am

    Terimakasih buku jarimatikanya (taku)sangat berguna utk anak saya umur 2,8 bln. Ibu saya ingin ikut mothers club nya, bagaimana caranya???????

  33. 34 rita
    November 7, 2008 at 12:53 am

    ya maaf, terima kasih koreksinya..kebiasaan sms-an. oh emailnya di sini aja ya email yang kemaren passwordnya kelupaan, dah lama ga email2an ….:)

  34. November 7, 2008 at 4:03 pm

    Assalamualaikum….
    pa kabarnya Teh Ama?
    Wah, akhirnya kesempatan buat training jarimatika yang ditunggu-tunggu udah yasin dapet teh..
    Seneng banget.
    Sekarang udah bisa lebih lancar tapi masih taku sederhana aja, he..he..
    teh..mau tanya nich,
    Gimana caranya biar bisa menyeimbangkan antara otak kanan n kiri?
    Jzk..
    Wassalkm..

  35. November 7, 2008 at 4:15 pm

    Assalamualaikum..
    pa kabar teh Ama?
    Wah ternyata kesempatan untuk ikut training jarimatika dateng juga.
    Sekarang alhamdullilah udah lebih lancar ngitungnya, tapi masih ngitung taku sederhana aja. he…he..
    Teh mau tanya nich,
    Gimana biar bisa nyeimbangkan otak kanan n kiri?
    Mohon jawabannya ya Teh,,
    Jzk,
    Wassalkm…

  36. 37 nengsih
    November 15, 2008 at 8:18 am

    kalao saja waktu saya sd sudah ada saya jadi juara kelas terus .tidak takut lagi dengan guru matematika yang galak-kalak

  37. 38 indra
    December 12, 2008 at 12:09 pm

    Assalamu’alaikum

    Bu tolong saya dibantu dimana alamat cabang Kursus Jarimatika yang ada di Tangerang – Banten??
    terima kasih atas info nya

    Wass
    Indra

  38. December 13, 2008 at 10:06 am

    ibu saya sangat tertarik.. bgmn untuk bisa buka cabang jaritmatika di tempat saya? saya ingin anak2 di daerah saya pinter2 matematikanya…

  39. December 27, 2008 at 10:06 pm

    Assalamualaikum….
    makasih ya infonya, sangat bagus dan berguna sekali
    kalau bisa tolong di posting lagi tentang cara mengajarnya ya…

    TRim’s
    http:www.s1pgsd.blogspot.com

  40. 41 ayi
    January 3, 2009 at 11:34 am

    wah bagus, seharusnya para guru sd diberikan pelatihan tentang itu, jadi bisa diajarkan di sekolah juga dan bisa banyak membantu, seperti dulu pas waktu saya kecil pernah diajarin guru sd belajar perkalian dengan tangan
    berbagi ilmu ke makin banyak orang, semoga tambah barokah
    Amiiin…….

  41. 42 titik sumarni
    January 13, 2009 at 11:23 am

    tolong info tentang buka cabang baru n pelatihan guru jarimatika dalam waktu dekat.

  42. February 11, 2009 at 10:50 am

    asalamualaikaum wr.wb saya ingin sekali mempunyai cara dalam menggunakan jarimatika moho teman yang punga bisa bantu saya

  43. 44 Latifa
    February 15, 2009 at 11:18 am

    Ass.Wr.Wb

    Bagi info donk ttg buka cabang baru,cabang di sby n pelatihan guru JARIMATIKA di daerah aq tandes Sby …
    Jazakillah ya u/ infonya

    Wassalam ….

  44. 45 ratna
    February 22, 2009 at 8:12 am

    Ass.Wr.Wb

    mohon info untuk jarimatika utk orang tua di daerah rawamangun jakarta timur.
    jarimatika yg saya kunjungi selalu menolak untuk ngajari orang tua.
    mohon bantuannya. terima kasih

    wassalam

  45. 46 fany
    February 23, 2009 at 12:09 pm

    Mohon informasi alamat dan no telp yang bisa di hubungi , kantor Jarimatika center Yogyakarta
    terima kasih.

    Salam,
    fany

    coba dilihat disini :

    http://jarimatika.com/index.php?option=com_viewcab&Itemid=16

  46. March 1, 2009 at 1:56 pm

    Thanks infonya…:-)

  47. 48 ANITA ( tangerang )
    March 5, 2009 at 6:57 pm

    Bu, Saya udah beli buku panduaanya. Dan mulai belajar dari 3 bulan yang lalu. Tapi saya masih bingung bagaimana cara menghitung soal yang begini : 53-15=??????
    anak saya masih duduk di TKB dan tahun ini udah mulai persiapan SD. Jadi saya mencoba mengajari penjumlahan dan pengurangan lebih dari 50 untuk persiapan aja. Selama ini sudah tidak mengalami kesulitan untuk soal-soal yang saya berikan dan diapun sangat antusias sekali. Mohon bantuaanya yaaa, Bu. maklum saya hanya ibu rumah tangga yang berusaha agar anak lebih mengerti .

    jawabannya udah saya kirim via japri ke email ibu

  48. 49 Arif
    March 31, 2009 at 3:08 pm

    ass. ukhti…

    mau nanya neh ttg cabang…
    klo di daerah cirebon jabar udah da cabangnya belom??

    klo udah minta alamatnya donk…

    makach…

    wass…

    tolong dong… klo mau ngucapin salam gak usah disingkat… artinya jadi lain.

  49. 50 Firman
    April 22, 2009 at 8:26 pm

    untuk perkalian seperti 12 x 47 = … ? gimana, kaga bisa khan, heheheh..

    bisa kok. Tinggal mengganti konstanta dalam penjumlahannya saja. Yuk, belajar jarimatika !!!

  50. 51 gita
    April 23, 2009 at 9:40 pm

    ass ibu….
    salam jarimatika ya??
    ibu, sy mau nanya di daerah lumajang jatim ada g ya cabang jarimatika?
    sy sgt tertarik
    tlg infonya ya bu?

  51. 52 Abu ammar
    April 28, 2009 at 11:14 pm

    Assalam Ibu2.
    Ma’af saya ikut nimbrung. Saya pemerhati pendidikan lulusan dari T.Fisika. Ingin sedikit memberi masukan kepada netter bahwa suatu metode berhitung ada baiknya dan ada kekurangannya. Disini (jarimatika) jika yang di tekankan adalah bagaimana caranya supaya mendapat hasil perhitungan yang cepat tanpa melihat proses perhitungan itu sendiri maka akibatnya Anak akan di pasung kreatifitasnya dan konsep berpikirnya. Padahal hal ini sangat penting untuk pertumbuhan daya kreatifitas anak di masa depan. Metode menghafal serta konsep berfikir yang benar akan meningkatkan daya imajinasi anak semisal untuk troubleshooting suatu masalah. Misalnya seorang IT/programmer lebih dominan dalam hal imajinasi di bandingkan dengan civil engineer dst. Jarimatika sebagai salah satu tool untuk berhitung OK asal di imbangi dengan pembelajaran dan konsep berpikir anak yang benar dan bukan hanya memikirkan output dari proses itu tapi bagaimana suatu proses bisa menghasilkan output yang benar. Terima kasih

    saya lihat di Jarimatika ini pengenalan konsep sangat di tekankan. Jadi ketika anak-anak diajari berhitung, itu dimulai dari benda nyata (bisa dilihat, dirasa), lalu semi abstrak (gambar), baru kemudian abstrak (simbol atau soal cerita).
    Tujuannya saya rasa bukan sekedar untuk mendapatkan hasil perhitungan dengan cepat, tapi lebih kepada agar anak tidak terbebani memorinya.

  52. 53 erwin
    April 30, 2009 at 4:33 pm

    Assalamualaikum. Saya senang sekali, begitu mengetahui ada jarimatika. Saya tinggal di Surabaya. Apakah sudah ada cabangnya di SUB, tolong info alamatnya. Saya sudah coba praktekan. Saya baca dari salah satu penanya di website ini, ada kesulitan untuk menghitung 53-15 = ???? . Saya ingin tahu jawaban, krn saya juga bingung gimana cara menghitungnya pake jarimatika hehhee. Bisa tolong di info . tks

  53. 54 Djody solo
    May 6, 2009 at 7:24 pm

    idealnya jarimatika ini diajarkan anak umur berapa Ya?

    Terima kasih.

    saya mengajarkannya kepada anak saya sejak usia 3 tahun. tapi sebelumnya, saya perkenalkan dulu konsep bilangan, konsep penjumlahan, pengurangan. Mulai dari benda nyata (bisa dilihat, dirasa), lalu benda semi abstrak (gambar), baru abstrak (lambang bilangan, soal cerita).

  54. 55 dheaaa
    May 18, 2009 at 12:34 pm

    mulai usia berapa sampai usia berapa anak di mulai di ajarkan metode jarimatika?
    di mana saya bisa belajar metode jarimatika, kebetulan saya berdomisili di surabaya?
    makaciiiiiiiiiiiiii buuuuuuuuuuuaget atas jawabannya

  55. June 3, 2009 at 4:17 am

    trim’s atas info bgmn cara berhitung dengan cepat tapi saya minta tolong untuk informasi cabang jarimatika di bekasi khusus’a tambun utara. TQ

    alamat cabang jarimatika bisa langsung di lihat di website Jarimatika di http://www.jarimatika.com

  56. 57 iten
    June 17, 2009 at 8:19 pm

    ass…..,salam kenal ya buuu!!!! saya sangat senang bisa mengajarkan jarimatika kepada anak2,,, meskipun mereka hanya mamahami sedikit dari banyaknya ilmu itu.

  57. 58 nadia shafira
    June 18, 2009 at 4:06 pm

    Saya udah pelajari bukunya Septi, kemudian saya coba ajarkan pada anak saya yang umurnya 3 tahun. Ternyata susah juga…anak saya susah sekali memahami, karena selalu menolak kalau diajari menghitung 1 sampai 5 (dengan diperagakan dengan jari). Apalagi harus memahami konsep perhitungan. Saya jadi takut kalau otak anak saya terlalu dipaksa. Mungkin anak seusia 3 tahun masih terlalu dini untuk memahami angka-angka apalagi perhitungan perkalian……………

    semuanya tergantung bagaimana cara kita “mentransfer” ilmunya ke anak. Kalo semuanya dilakukan dengan fun, anak bahkan nggak nyadar klo mereka sedang belajar

  58. 59 wahyu
    June 26, 2009 at 7:53 pm

    Assalamu alaikum…

    Saya seorang ibu tinggal di bekasi, saya tertarik untuk mempelajari jarimatika, gimana cara untuk mengikuti kursus?

    Wassalam..

    ibu bisa menghubungi cabang terdekat yang alamatnya bisa dilihat di website Jarimatika pusat di http://www.jarimatika.com

  59. 60 suwoto
    August 9, 2009 at 4:24 pm

    Bu saya dari Yayasan Yatim Piatu di Kab. Berau Kaltim. ingin membuka cabang jarimatika di Kab. Berau. Bagaimana proseduralnya ?. Termasuk frenchisenya berapa ?. Sebab kegiatan tersebut insyaallah akan kami prioritaskan untuk anak yatim dan gratis.

  60. 61 fira
    August 19, 2009 at 8:51 pm

    Assalamu’alikum …
    saya seorang yang tertarik dengan metode jarimatika, tapi karena saya tinggal di kota kecil saya mempelajari jarimatika hanya lewat buku bu septi…. saya juga ingin buka cabang atau unit pendidikan jarimatika gimana caranya yaaa biar anak-anak disekitar tempat tinggal saya juga ikut merasakan belajar matematika dengan fun
    tolong penjelasannya yaaa…. trima kasih
    wassalaamu’alaikum….

  61. 62 yudhi
    October 23, 2009 at 5:21 pm

    assalamualaikum. WR. WB
    Saya sangat berminat dengan jari matika, gimana caranya saya bisa bekerja sama dengan anda. Saya ingin membuka cabang disini, terima kasih

  62. 63 Afif Bagas Ganendra
    December 3, 2009 at 12:04 pm

    assalamualaikum wr.wb

    saya adalah orang tua dari anak saya afif bagas ganendra yang juga murid dari jarimatika tepatnya di :

    Unit Regency
    PIC : Lita Wahyuningsih
    Alamat : Perum. Bekasi Timur Regency Blok H2 / 20 Kel. Cimuning Kec. Mustika Jaya
    Kota/Kabupaten : Bekasi
    Propinsi : Jabar
    Telepon : (021) 70966844 – 0812 8388 509

    dan anak saya sudah dari tk Besar sudah masuk jarmat dan sekarangsudah masuk level 4
    oo..ya anak saya berumur 6 tahun dan masuk kelas 1.
    yang menjadikan saya bangga adalah sudah pandai berhitung, pejumlahan, perkalian,pembagian dst.
    dan yang menjadikan saya kecewa adalah pada waktu jarmat kota bekasi mengadakan jambore tepatnya di Plasa Pondok gede tglnya sy lupa pd waktu itu anak saya ikut lomba level 2 pd waktu lomba saya hitung dengan stopwatch dari seluruh soal dia bisa menyelesaikan dalam waktu 2 menit..dan yg pertama selesai tapi….pas penguman hasil kok anak saya hanya dpt juara harapan 3 ini yg tidak bisa sy ngerti. dan yg menjadi juara rata-rata adalah anak dari PIC dari masing masing unit…..apakah ini cara jarmat menilai …? mohon penjelasannya

  63. 64 fachry
    January 20, 2010 at 1:22 pm

    mantrapppppppppppp……..

  64. 65 arie heldayanti
    March 8, 2010 at 11:05 am

    alhamdulillah anak saya,Sayed 6 th, terbantu dg les d jarimatika, ngitungnya jd cepat dan tepat

  65. 66 WenIe Hariyadi
    March 10, 2010 at 8:43 pm

    Bagus metode blajar ini untuk anak… berhitung sambil bermain
    cm terkadang anakq msh suka bingung.., coz TK
    penerapan jari untuk hitung yg beda
    so far is GoOd

  66. March 19, 2010 at 3:53 pm

    coucok… nuwun pencerahannya…

  67. 68 Rodiah
    April 30, 2010 at 6:09 pm

    Mohon informasi nya untuk cabang jarimatika di daerah jakarta selatan (kebayoran baru dan bintaro). Dan umur minimal anak untuk ikut bergabung berapa tahun.
    Terima kasih

  68. 70 anik
    September 3, 2010 at 4:18 pm

    assalammualaikum. kaifa haluk ukhti?
    mu tanya mb’ konsep dari jarimatika itu seperti pa?

  69. 71 Umi Zura
    October 1, 2010 at 12:23 pm

    Assalamu’alaikum,

    Salam kenal..
    Saya mantan pengajar sempoa namun ketika saya mendengar cerita teman tentang Jarimatika jujur saya tertarik karena sistem yang dipakai tidak jauh beda dengan sempoa..Kalau boleh tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar per level dan dimana tempat untuk training…Saya tinggal disekitar Pamulang – Ciputat.

    Jazakallah khairan katsiiro..

  70. 72 rahmi
    October 21, 2010 at 6:47 am

    assallamuaikum,bu ama,mungkin saya agak telat untuk bertanya menggenai jarimtika,usia berapa kira2 sdh boleh ikut jARIMATIKA,skrng ini saya punya anak yg usia y 5,5 thn(tk b),rencama y saya ingin memasukan jarimatika udah udah boleh blm y.terimakasih bu atas info nya.oh y bu kl untuk anak kls 6 telat g y.

  71. 73 rasyid
    November 10, 2010 at 6:36 pm

    assalamualaikum mbak, Dimana kita bisa download ebook (pdf)jarimatika ya, tolong dijawab ya mbak….. makasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Me, My Self, and I

Orangnya pintar (protes=sirik), baik hati, rendah diri (baca:pendek), tidak sombong, kaya, punya penghasilan tapi tidak punya NPWP. Apa kata dunia???  

Udah dikunjungi

  • 62,430 tamu

Google page rank

Ama dimana-mana


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: